Minggu, 28 Januari 2018

Cara Mengencangkan Kelopak Mata


Terbentuknya kelopak mata atau kantung mata yang kendur memiliki kaitan yang erat dengan pertambahan usia seseorang. Begitu juga dengan pola hidup, seperti kurang tidur, terlalu banyak mengonsumsi makanan asin, kurang minum air putih, terlalu lama menatap layar komputer, hingga adanya faktor genetika atau keturunan.
Kelopak mata ini umumnya merupakan penumpukan cairan akibat sistem limfatik yang tidak bisa lagi bekerja dengan semestinya. Kemunculannya bisa juga disertai penumpukan jaringan lemak sehingga secara fisik terlihat lebih menonjol dan bengkak. Dan tentu saja, penampilan seperti ini tentu saja akan terasa sangat mengganggu.

CARA MENGENCANGKAN KANTUNG MATA
Nah, jika kamu termasuk yang memiliki masalah seperti ini, ada sejumlah cara yang bisa kamu coba. Mulai dari tingkatan yang mudah dan murah, hingga cara yang tergolong ekstrim. Apa sajakah itu?

Mentimun

Dunia kecantikan sudah sangat akrab dengan jenis bahan yang satu ini. Jika kamu belum tahu, mentimun memiliki efek relaksasi yang berkhasiat untuk meringankan bengkak yang ada pada kelopak mata. Caranya dengan menyiapkan buah mentimun yang sudah dibersihkan, lalu iris tipis dengan ketebalan 1 cm. Berbaringlah dan tutup mata kamu sembari meletakkan irisan mentimun tersebut di atas matamu. Biarkan selama 15-20 menit, lalu cuci menggunakan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ulangi hal ini 1 kali sehari untuk 1 bulan ke depan, dan perhatikan perbedaannya.

Mengatur Posisi Tidur

Posisi tidur juga memiliki pengaruh terhadap terbentuknya kantung mata. Maka dari itu, ada baiknya jika kamu mulai memerhatikan posisi tidurmu saat ini. Cobalah untuk tidur dengan menggunakan bantal yang lebih tinggi. Hal ini merupakan teknik untuk memanfaatkan gravitasi bumi agar akumulasi cairan di sekitar mata yang sering terjadi saat tidur itu bisa diminimalisir. Percaya atau tidak, seiring waktu hal ini sangat berdampak untuk mengatasi kantung mata yang kendur.

Kompres

Cara mengencangkan kantung mata selanjutnya adalah dengan mengompres menggunakan air es. Basahi handuk bersih dengan air es, lalu tempelkan ke bagian kelopak mata sambil memberi tekanan perlahan selama 5-10 menit. Kebiasaan mengompres kantung mata seperti ini diharapkan membantu agar pembuluh darah dan jaringan yang ada di sekitar kantung mata bisa mengecil dan lebih kencang. Namun tentu saja, hal ini harus dilakukan secara rutin.

Istirahat yang Cukup

Seperti yang sudah di singgung di awal bahwa kemunculan kantung mata itu berkaitan dengan pola hidup, maka sudah sepatutnya bagi kamu untuk mempertimbangkan hal tersebut, utamanya untuk ketercukupan waktu istirahat. Pasalnya, istirahat yang cukup merupakan syarat utama untuk mewujudkan kesehatan kulit secara keseluruhan. Adapun waktu istirahat yang disarankan untuk orang dewasa itu adalah 7-8 jam per hari, di mana tidur pada malam hari harus menjadi hal yang utama.

Air Putih

Pada sejumlah kasus, terjadinya kantung mata yang kendur dipicu oleh tubuh yang mengalami dehidrasi. Maka dari itu, sangat penting untuk memenuhi asupan cairan dengan minum air putih 7-8 gelas per hari. Jumlah ini sendiri bisa bertambah, tergantung dari seberapa aktif kamu dalam beraktifitas.

Operasi Blepharoplasty

Cara mengencangkan kantung mata yang satu ini berada pada tingkatan yang lain, namun bisa memberikan hasil yang instan. Lewat operasi blepharoplasty, kulit di area mata yang sudah kendur tersebut akan dipotong, mengurangi jumlah kulitnya, mengeluarkan cairan di dalamnya, kemudian menarik kulit tersebut dan dijahit kembali. Hasilnya bisa terlihat sangat bagus, namun masih ada peluang meninggalkan bekas jahitan jika pengerjaannya tidak teliti.

Sinar Laser

Sama dengan operasi blepharoplasty, teknik sinar laser ini juga bisa memberi hasil instan, namun diklaim lebih bagus. Apalagi karena teknik ini tidak perlu memotong kulit di bagian kelopak mata ataupun melakukan jahitan diakhir proses. Namun cara ini hanya diperuntukkan pada kondisi di mana kantung mata berisi penumpukan lemak. Artinya, kulit kendur yang ada di sekitar mata tidak akan menjadi kencang.

Terlepas dari tingginya minat terhadap teknik laser ini, namun ada beberapa pihak yang skeptis bahwa teknik laser bisa merusak kesehatan mata dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu, konsultasi sangat dibutuhkan jika kamu memutuskan mengambil metode ini.

***

Nah, itulah sejumlah cara mengencangkan kantung mata yang bisa kamu coba. Khusus untuk metode yang alami, ketekunan dan kesabaran sangat dibutuhkan agar hasil yang diinginkan bisa tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar